SUKSES KHITANAN MASSAL CERIA

UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ) PT. BANK SUMUT

DAN MIS AL WASHLIYAH INSANUL KAMIL PERBAUNGAN

Melati II Perbaungan, 14 Nopember 2020. Perhelatan yang¬† penuh khidmad “KHITANAN MASSAL CERIA” terselenggara di lokasi gedung MIS Al Washliyah Insanul Kamil. Acara yang digagas oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT. Bank Sumut bekerjasama dengan MIS Al Washliyah Insanul Kamil berjalan dengan baik dan lancar. Opening Ceremony dilaksanakan pada pukul 08.20 WIB s/d 10.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh ayahanda ketua Pimpinan Daerah Al Washliyah Kabupaaten Serdang Bedagai al-Ustadz Ibrahim Khalil, S.Pd.I.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang PT. Bank Sumut Lubuk Pakam Bapak Erwinta Siregar. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan Ia menyatakan bahwa PT. Bank Sumut melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) secara rutin menyelenggarakan kegiatan khitanan massal sebanyak empat kali setiap tahunnya, 2 kali di daerah Medan dan 2 kali di luar Kota Medan. untuk tahun 2020 ini, satu paket kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Serdang bedagai tepatnya di MIS Al Washliyah Insanul Kamil Perbaungan.

Dari Kementerian Agama dihadiri oleh KTU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serdang Bedagai Bapak Syarifuddin Daulay S.Ag, M.Pd dan pengawas madradah tingkat MI bapak Mislik, S.Pd. Hadir juga ketua PC Al Washliyah Kecamatan Perbaungan Ustadz H. Haisul Siddiq, Kepala Cabang Pembangtu PT. Bank Sumut Perbaungan bapak Sofyan Sauri, Ketua MUI Kecamatan Perbaungan Ustadz Dauli Damanik, MA, Ketua Komite MIS Al Washliyah Insanul Kamil Ibunda Hj. Nurliah, Kepala MA Al Washliyah 12 Perbaungan dan Kepala SMK Al Washliyah 9 Perbaungan.

Peserta hadir di lokasi kegiatan sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga selesai. Selesai acara pembukan para peserta pun dikhitan satu per satu hingga akhir. Jumlah peserta yang turut berpartisipasi sebanyak 127 orang peserta, yang terdiri dari anak-anak yatim, piatu, dan keluarga kurang mampu. sebaran peserta berasal dari 16 desa (diantaranya : Melati2, Melati 1, Tualang, Kotagaluh,  Citaman Jernih, Jambur Pulau, Suka Jadi, Karang Anyer, Bengkel, Lubuk Rootan, Lubuk Bayas, Sei Nagalawan, Pematang Sijonam, Adollina, Melati Kebun), 23 sekolah dasar dan menengah, usia 9 Р12 tahun dan dari siswa kelas 4, 5,6, SD/MI dan kelas 7 SLTP/MTs. Jumlah tersebut melebihi kouta yang telah ditetapkan oleh UPZ yakni 100 orang, namun demikian hal tersebut tidak menjadi hambatan berjalannya acara khitanan hingga akhir. kerjasama yang baik terjalin dengan sangat baik selama berlangsungnya kegiatan, dari mulai persiapan penetapan kerjasama antara UPZ dan MIS hingga hari H pelaksanaan kegiatan. Raut wajah dan ekspresi keceriaan peserta menunjukkan rasa gembira dan senangnya mereka dalam mengikuti khitanan tersebut, tidak tampak rasa takut diwajah para peserta. Semua peserta yang hadir mendapat bingkisan berupa, tas sovenir, peralatan sekolah, sarung dan uang saku. Biaya Untuk 100 orang peserta dibiayai dan ditanggung 100% oleh UPZ PT. Bank Sumut. Dalam diskusi proses penetapan kerjasama, kepala MIS Al Washliyah Insanul Kamil menyatakan bertaggung jawab penuh atas pelaksanaan kegiatan Khitanan Massal ceria tersebut, terutama apabila terjadi kakurangan biaya jika terjadi kelebihan peserta.

TIM dokter yang mengkhitan para peserta dikoordinatori oleh DR. Hanna. TIM yang dibawa berasal dari Tim BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia). Tim Medis berjumlah 16 orang terdiri dari 8 dokter dan 8 assisten dokter. Proses khitan berjalan dengan tertib dan lancar, setelah dikhitan oleh dokter peserta dibekali dengan satu paket obat-obatan dan celana dalam mangkok, sehingga setelah dikhitan, besoknya peserta sudah bisa main bola,, hehe.

Selama kagiatan berlangsung, dengan penuh kesabaran Manager UPZ PT. Bank Sumut Bapak H. Asmui mendampingi dan mengawasi kegiatan khitanan dari pagi saat pembukaan hingga akhir, bersama M. Syahbuddin Kaban dan Ustadz Muhammad Rahim, S.Pd.I. Di akhir kegiatan setelah semua peserta selesai dikhitan, panitia, tim dari UPZ dan tim dokter berfoto bersama agar tersisa menjadi kenangan-kenangan. Panitia pelansakan penuh semangat dan tanggung jawab menjalankan tugas masing-masing sesuai topoksinya, baik seksi acara, konsumsi, kebersihan, administrasi, dokumentasi. sehingga acara berjalan dengan baik dan lancar. tentunya semua itu berkat kersjasama yang baik antar semua unsur.

Akhirnya dengan penuh rasa syukur kami ucapkan Alhamdulillah wa syukru lillah

LEAVE A REPLY