Kitab suci Al-Quran merupakan pedoman dan penyelamat kehidupan manusia di dunia. Dalam hal ini upaya memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk umat manusia di dunia yakni dengan mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkan Al-Qur’an. Seperti yang terdapat pada Hadis Nabi tentang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an “(Sebaik-baiknya kamu adalah yang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya)“.

Untuk itu MIS Al-Washliyah Insanul Kamil memiliki program unggulan di Bidang Al-Qur’an salah satunya pembelajaran¬† Tilawah Mujawwad Al-Qur’an dan Tilawah Murottal Al-Qur’an. Untuk Tilawah Mujawwad Al-Qur’annya diwajibkan untuk murid kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Sedangkan untuk Tilawah Murottal Al-Qur’annya diwajibkan untuk murid kelas 1 dan 2. Program Tilawah AlQur’an dan Murottal Al-Qur’an ini dilaksanakan Setiap hari pada pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Usaha yang dilakukan MIS Al-Inska untuk mengupayakan kompetensi murid-muridnya dalam membaca Al-Qur’an yaitu,¬† ¬†adanya pembelajaran Al-Qur’an yang efektif yang ditangani oleh para pengajar MIS Alwashliyah Insanul Kamil yang lebih menguasai pembelajaran Tilawah Al-Qur’an untuk diajarkan kepada murid-muridnya yang diantaranya Ustadz Mhd Nurfadli, S.H.I, Ustadz Mhd. Hanafi, Ustdz Muhammad Ardiansyah, Ustadz Ahmad Akhyar Damanik, S.P, Ustdz Mahendra, dan Ustadz Ahmad Mufri.

Dengan adanya Program Tilawah Al-Qur’an yang menjadi salah satu program unggulan MIS Al-Washliyah Insanul Kamil ini diharapkan dapat melahirkan murid-murid yang mahir dalam Tilawah Mujawwad Al-Qur’an dan Tilawah Murottal Al-Qur’an dengan ilmu tilawah. Juga dapat meningkatkan variasi membaca Al-Quran dengan lagu-lagu yang ada seperti Lagu Bayyati, Lagu Shoba Lagu Hijaz, Lagu Nahwand, Lagu Sika, Lagu Rast, dan juga Lagu Jiharkah. Selain itu juga harapannya dapat meraih prestasi dalam perhelatan MTQ tahunan khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai.

LEAVE A REPLY